Begini Cara Menghitung Customer Acquisition Cost

Cara Menghitung Customer Acquisition Cost

Tentu saja, menjaga customer acquisition costs (CAC) tetap rendah adalah tujuan terbaik. Jika  membayar lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan namun nilai jangka panjangnya buruk, perusahaan  tidak akan beroperasi dengan baik. Artikel ini membahas teknik praktis untuk menurunkan CAC, mengurangi pengeluaran , dan meningkatkan pendapatan.

Cara menghitung customer acquisition costs

Rumus berikut ini dapat digunakan untuk menentukan CAC :

CAC = (total pengeluaran untuk memperoleh customer / jumlah customer yang diperoleh)

Dalam berbagai kasus, biaya keseluruhan untuk mendapatkan klien terdiri dari biaya-biaya berikut ini:

  • Gaji untuk tenaga sales dan marketing
  • Biaya iklan (Iklan Google, iklan media sosial, konten bersponsor, dll.)
  • Biaya software dan peralatan yang digunakan oleh tim sales dan marketing
  • Agensi, PR

Jadi, jika kamu memberikan gaji (Rp 5.000.000), biaya agensi (Rp 10.000.000), Google Ads (Rp 15.000.000), Facebook Ads (Rp 20.000.000), dan biaya software/tools (Rp 6.000.000) untuk mendapatkan 600 pelanggan baru, maka CAC kamu adalah CAC = (Rp 5.000.000 + Rp 10.000.000 + Rp 15.000.000 + Rp 20.000.000 + Rp 6.000.000) / 500

CAC = 56.000.000 / 500

CAC = Rp 112.000

Kamu harus menghitung biaya pemerolehan pelanggan setiap bulan untuk mengaitkan pendapatan dengan tepat berdasarkan kelompok bulanan, bukan saat pengguna terkonversi. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan adanya periode uji coba gratis, yang berarti mungkin perlu waktu bagi pengguna gratis untuk menjadi klien berbayar. Perbandingan dari bulan ke bulan memungkinkan untuk menghitung ROAS secara akurat dan menilai keefektifan upaya periklanan.

” Baca juga cara untuk memperbaiki dan menurunkan pengeluaran CAC “

Apa perbedaan antara CPA dan CAC? 

Sebelum kita membahas taktik yang dapat digunakan untuk meningkatkan CAC, pertama-tama mari kita definisikan perbedaan antara CAC dan CPA. Meskipun kedua indikator ini terkait dengan perolehan user, namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal pengeluaran pada berbagai tahap kampanye pemasaran. Berikut perbedaan antara biaya per akuisisi (CPA) dan biaya akuisisi pelanggan (CAC).

CPA mengacu pada biaya campaign tunggal.

Biaya per akuisisi adalah metrik tingkat campaign yang menghitung biaya untuk mendapatkan prospek, bukan klien. Hal ini bisa berupa pengunduhan konten, permintaan demo, uji coba gratis, pendaftaran, atau jenis input informasi kontak yang digerakkan oleh intensi.

Sebagai contoh, Netflix. CPA digunakan untuk melacak pengguna yang mendaftar untuk uji coba gratis selama 30 hari. Setelah mereka membayar untuk bulan pertama, perusahaan akan menggunakan CAC untuk menentukan berapa biaya yang diperlukan untuk menarik pengguna. Meskipun CPA adalah ukuran penting untuk dipantau, sebaiknya lebih memperhatikan tingkat konversi di setiap tingkat funnel. Bergantung pada sifat bisnis, mungkin dapat menerima CPA yang lebih tinggi dengan imbalan konversi yang lebih besar ke klien yang membayar dan ROAS.

CAC adalah tentang total pengeluaran marketing

Biaya akuisisi pelanggan dihitung dengan membagi total belanja iklan dengan jumlah konsumen baru yang dapatkan. CAC adalah indikator penting untuk dipantau saat menjalankan kampanye pemasaran respons langsung, tetapi juga dapat digunakan untuk menganalisis kinerja pemasaran di tingkat bisnis daripada tingkat kampanye.

Cara menghitung customer acquisition costs merupakan hal yang penting untuk meminimalisir pengeluaran campaign jadi semoga artikel ini dapat membantu untuk menghitung CAC dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan customer acquisition.