Telur Ayam Bahagia Terbukti Atasi Kekurangan Energi Kronis Ibu Hamil di Sleman

Telur Ayam Bahagia Terbukti Atasi Kekurangan Energi Kronis Ibu Hamil di Sleman

Jika pada artikel sebelumnya mengulas mengenai stunting dan balita, maka pada artikel berikut ini akan membahas manfaat dari telur ayam bahagia untuk ibu hamil.

Telur Ayam Bahagia yang dikembangkan dengan memenuhi kaidah kesejahteraan hewan memiliki beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil, seperti protein albumin, omega-3, omega-6 dan vitamin D. 

Telur Ayam Bahagia juga menjalani serangkaian uji penelitian terhadap 200 ibu hamil di Kabupaten Sleman untuk menangani masalah kekurangan energi kronik (KEK) yang sering dialami oleh ibu-ibu yang sedang mengandung buah hatinya.

Apa itu kekurangan energi kronik yang sering diidap ibu hamil? Kekurangan energi kronik atau biasa disebut dengan KEK adalah keadaan dimana ibu hamil menderita kejadian kekurangan kalori dan protein (malnutrisi) yang menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan pada wanita usia subur (WUS) dan ibu hamil.

KEK juga bisa diderita remaja putri/wanita yang mengalami kekurangan gizi dan kalori dan biasanya berlangsung dalam jangka lama atau menahun/kronis. Sehingga penderitanya mengalami kelelahan secara terus menerus meskipun telah beristirahat. 

Pada kondisi ibu hamil, KEK dapat terjadi karena stress, infeksi virus, gangguan sistem kekebalan tubuh atau ketidakseimbangan hormon. Tentu saja KEK sangat membahayakan bagi ibu hamil yang membutuhkan tenaga untuk mempersiapkan persalinan. 

Telur Ayam Bahagia menjalani uji penelitian skala luas dengan melibatkan 200 ibu hamil di Kabupaten Sleman untuk melakukan intervensi penanganan KEK pada ibu hamil. 

Ibu hamil yang menjadi responden penelitian diwajibkan mengkonsumsi telur ayam bahagia dua butir per hari dengan periode 90 hari (tiga bulan) dan kemudian dilakukan pengecekan oleh tim peneliti.

Hasil akhirnya ditemukan bahwa dari 200 ibu hamil yang menjadi responden percobaan karena dinilai memiliki resiko kekurangan energi kronis. 40% dari responden berhasil lepas dari kekurangan energi kronis.

Jika dikonversi, angka 40% dari 200 responden adalah sebanyak 80 orang ibu hamil yang sebelumnya menderita kekurangan energi kronis yang menjadikan dirinya sering kelelahan. Kemudian mendapat intervensi telur ayam bahagia berhasil keluar dari kekurangan energi kronis.

80 orang atau 40% ibu hamil tersebut kemudian dinyatakan bebas dari status KEK. Angka ini merupakan pencapaian luar biasa dari manfaat telur ayam bahagia untuk membantu kesehatan ibu hamil di Kabupaten Bantul.