Menggandeng Telur Ayam Bahagia, Sleman Berantas Penyakit Stunting ​

Menggandeng Telur Ayam Bahagia, Sleman Berantas Penyakit Stunting ​

Menggandeng Telur Ayam Bahagia, Sleman Berantas Penyakit Stunting

Pada Juni 2021, Pemerintah Kabupaten Sleman meluncurkan program pengentasan stunting yang diberi nama “Inovasi Pecah Ranting Hiburane Rakyat”. Pecah Ranting Hiburane Rakyat sendiri merupakan akronim dari Pencegahan Rawan Stunting, Hilangkan Gizi Buruk dan Tingkatkan Ekonomi Rakyat. 

Program pemberantasan stunting ini dipimpin langsung Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Bupati optimis prevalensi stunting di Sleman dapat terus menurun seiring dengan melandainya data tiga tahun terakhir. 

Selama tiga tahun terakhir, prevalensi stunting di Sleman terus turun dari angka 11 % di tahun 2018, menurun menjadi 8,3% di tahun 2019 dan di tahun 2020 turun menjadi 7,34%. 

Bupati pertama perempuan Sleman ini menekankan bahwa untuk menekan pencegahan stunting terus digalakkan dengan menggandeng komitmen kebijakan dan keterlibatan pemerintah dengan lintas sektoral lainnya. Salah satunya adalah Telur Ayam Bahagia. 

Telur Ayam Bahagia adalah telur ayam yang dihasilkan oleh ayam sehat dan bahagia. Definisi sehat bahagia adalah ayam mendapat hak-hak naluriahnya sesuai dengan kode etik kesejahteraan hewan. 

Ayam sehat bahagia mendapat asupan pakan nabati bebas bahan kimia dan mendapat tempat umbaran (free range) dengan pencahayaan matahari cukup, mendapat akses mandi pasir dan dapat bertengger sesuka hatinya.

Ayam menjadi bebas stress dan dapat dikatakan sehat bahagia sehingga menghasilkan telur dengan kandungan nutrisi 94% jauh lebih tinggi dibandingkan pangan lain, dan oleh karena itu disebut Telur Ayam Bahagia.

Hasil riset berbagai laboratorium, kandungan nutrisi Telur Ayam Bahagia meliputi Omega-3 dan Omega-9 yang lebih tinggi ketimbang pangan lain. Memiliki kandungan kolesterol 35% lebih rendah, dan kandungan lemak 30% lebih rendah serta kaya akan zat besi, selenium dan zinc. 

Telur Ayam Bahagia juga mengandung protein albumin 12% lebih tinggi ketimbang pangan sejenis, bebas bakteri Salmonella dan E.coli serta memiliki warna kuning telur alami. 

Kelebihan lainnya adalah Telur Ayam Bahagia telah memperoleh sertifikat internasional Humane Farm Animal Care (HFAC) yang berpusat di Amerika Serikat. Sertifikat ini merupakan sertifikat pertama yang diperoleh di wilayah Indonesia. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyampaikan kerjasama dengan Telur Ayam Bahagia untuk memberantas stunting di Sleman dilakukan karena nutrisi dalam Telur Ayam Bahagia dapat mencegah potensi stunting balita. 

Proses intervensi dilakukan dengan pemberian Telur Ayam Bahagia secara rutin selama 40 hari dan berhasil mencegah kekurangan gizi pada anak-anak. 

Pada studi yang lain, Telur Ayam Bahagia berhasil diujicobakan di Kabupaten Bantul dan berhasil mengatasi stunting selama 42 hari saja. Selain itu, dalam uji coba penelitian di Bantul terhadap ibu hamil, Telur Ayam Bahagia berhasil mengatasi masalah kekurangan energi kronis (KEK) yang sering diderita ibu hamil dengan masalah nutrisi.