Tak Sekedar Telur, Kelahiran TAB Melalui Riset Panjang

“Tak kenal maka tak sayang”, ungkapan ini tampaknya dapat digunakan dalam melihat Telur Ayam Bahagia (TAB). Mengingat jika orang melihat TAB tampak luar akan terlihat sama dengan telur ayam biasa lainnya. Namun, jika sudah kenal dengan sejarah kelahiran TAB maupun fungsional TAB secara riset lapangan, maka pembaca akan berdecak kagum. 

TAB lahir dari inisiasi Profesor Ali Agus, Guru Besar Ilmu Peternakan UGM dan juga Ahli Nutrisi Pakan Ternak yang resah dan gelisah melihat banyaknya telur-telur pabrik membanjiri pasar dengan konsep yang tak sesuai dengan animal welfare dan penggunaan obat-obatan antibiotik dan kimiawi yang melebihi batas. 

Inisiasi ini kemudian diwujudkan dalam riset untuk menggabungkan konsep kesejahteraan hewan (animal welfare) dengan konsep fungsional telur. Kesejahteraan hewan dimulai dengan memberikan hak-hak dasar ayam untuk bebas berkeliaran, sehingga dibentuk sistem kandang umbaran (free-range) yang sesuai dengan standar internasional. Selain itu juga dibentuk pakan ternak bebas obat-obatan kimiawi, sehingga dihadirkan pakan ternak yang diberi nama “twin booster”

Riset selanjutnya berfokus menghadirkan konsep fungsional telur sebagai bahan makanan dengan asupan gizi tinggi. Dari produksi ayam yang sejahtera kemudian dihasilkan Telur Ayam Bahagia (TAB) yang memiliki kandungan omega tinggi dan kandungan zat besi tinggi. Selain itu TAB juga berhasil memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah mencapai angka 30 sampai 35% dibandingkan telur ayam biasa di pasaran. 

Tentu saja riset tidak berhenti disini saja, Prof Ali Agus juga menciptakan konsep pemberdayaan TAB bagi kelompok peternak. Sehingga kelompok-kelompok peternak binaan dapat menghasilkan TAB yang dikontrol secara serius oleh UGM dan Telur Ayam Bahagia sehingga bisa menghasilkan telur ayam berkualitas tinggi. 

Kelompok-kelompok ternak ini mendapat pelatihan terstruktur dari Telur Ayam Bahagia dan kemudian menghasilkan TAB yang melewati quality control dari tim peneliti. TAB kemudian dipasarkan ke supermarket premium dan hotel, atau dapat diperoleh melalui Pusat Penjualan Telur Ayam Bahagia.

  • All Posts
  • Ayam Free-range
  • Telur Fungsional

Load More

End of Content.