Mengenal Lebih Dekat Kandang Umbaran (Free-Range) Telur Ayam Bahagia

Mengenal Lebih Dekat Kandang Umbaran (Free-Range) Telur Ayam Bahagia

Telur Ayam Bahagia meraih sertifikasi Humane Farm Animal Care (HFAC) pertama kalinya di Indonesia. Sertifikasi ini menjadi indikator bahwa proses pemeliharaan ayam penghasil telur ayam bahagia telah memenuhi aspek-aspek kesejahteraan hewan mulai dari tempat penangkaran, asupan makanan ayam hingga proses pemilahan telur ayam bahagia hingga sampai di meja makan.  

Aspek-aspek kesejahteraan hewan dinilai dari beragam faktor, utamanya ayam bebas dari stress dan dapat menyalurkan naluri ilmiahnya untuk bebas bergerak, mendapat akses sinar matahari, bisa mandi pasir, bertengger dan mendapat pakan nabati sehat berkualitas. 

Akses bebas bergerak dalam telur ayam bahagia difasilitasi dengan sistem kandang umbaran (atau biasa dikenal dalam bahasa ilmu peternakan adalah free range). 

Free-range merupakan kandang ayam petelur bebas sangkar yang menjamin kesejahteraan hewan karena kandang ini memiliki bagian indoor dan outdoor. 

Pada bagian indoor, kandang umbaran free range memiliki beragam fasilitas seperti:

  1. Setiap ekor ayam memiliki ruang bebas bergerak rata-rata 0,14 meter per ekor.
  2. Kandang umbaran free range indoor memiliki litter area sebesar 15% dengan ketinggian maksimal 4 centimeter.
  3. Kandang umbaran indoor memiliki feeder tempat makanan berbentuk dua: single sided linear dengan setiap ekor ayam mendapat akses 10 centimeter. Serta double sided linear dengan setiap ekor ayam memperoleh hak akses 5 centimeter.
  4. Kandang umbaran free range indoor memiliki alat minum (drinker) berbentuk tiga buah: Pertama, Bell untuk masing-masing alat 100 ekor ayam. Kedua, nipple dengan masing-masing alat untuk 12 ekor ayam. Ketiga, Trough dengan setiap ekor ayam memiliki hak akses seluas 1,27 centimeter.
  5. Kandang umbaran free range indoor telur ayam bahagia juga dilengkapi tempat bertelur (nest) berbentuk dua buah: Pertama, individual dengan 1 box untuk bergantian lima ekor ayam. Kedua, tempat bertelur community dengan rata-rata 0,8 meter persegi untuk setiap 100 ekor ayam. 
  6. Kandang indoor juga dilengkapi tempat bertengger (perching spots) dengan rata-rata 15 cm per ekor untuk laying hen, dan 7,5 centimeter per ekor untuk pullets (mulai minggu ke empat). 

Fasilitas-fasilitas yang diberikan dalam kandang umbaran (free-range) sistem indoor ini seperti kos-kosan mewah mahasiswa yang dilengkapi berbagai fasilitas. 

Ini belum termasuk kandang umbaran outdoor yang memberikan kesempatan bagi ayam produsen telur ayam bahagia untuk mengakses sinar matahari pagi dan mandi pasir.

Fasilitas berbasis pada kesejahteraan ayam dengan memberikan hak-hak alamiahnya ini membuat ayam bebas stress, sehat dan bahagia sehingga menghasilkan telur ayam bahagia yang memiliki kandungan gizi 95% lebih tinggi ketimbang pangan sejenis. 

Selain itu, telur ayam bahagia juga memiliki beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia dari balita hingga dewasa.