Lima Manfaat Omega-3 dalam Telur Ayam Bahagia

Telur Ayam Bahagia (TAB) merupakan produk telur ayam pertama kalinya di Indonesia yang memperoleh sertifikat Humane Farm Animal Care (HFAC). 

Sertifikasi ini merupakan prestasi pertama yang diraih dari produk telur ayam di Indonesia yang mengedepankan konsep kesejahteraan hewan dari lembaga HFAC yang berbasis di Amerika Serikat.

Konsep kesejahteraan hewan sendiri telah banyak dikenal di negara maju, dimana ayam yang memproduksi Telur Ayam Bahagia (TAB) diberikan akses untuk mengekspresikan naluri alaminya seperti mendapat hak untuk memperoleh paparan sinar matahari pagi, hak untuk mandi pasir, hak untuk bertengger dan tentu saja hak untuk mendapat asupan pangan alami bebas antiobiotika dan kimiawi. 

Selain itu, ayam-ayam yang memproduksi TAB juga diberikan kandang umbaran (free range) yang sesuai standar internasional dengan fasilitas indoor dan outdoor. Dengan banyaknya fasilitas kesejahteraan hewan yang diberikan bagi ayam TAB, maka hasil produksi TAB juga memiliki banyak nutrisi bagi manusia. 

Mengapa bisa demikian? Karena untuk menghasilkan telur ayam yang bahagia tentunya harus dari ternak ayam yang bahagia dan tercukupi hak-haknya dari hulu sampai dengan hilir. 

Ada delapan nutrisi yang terkandung dalam Telur Ayam Bahagia (TAB). Mulai dari tinggi protein albumin, tinggi kandungan zat besi, selenium dan seng. Rendah kandungan kolesterol dan lemak, serta memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam di pasaran. 

Bagian terakhir ini menarik untuk dibicarakan, karena omega 3 merupakan nutrisi yang dibutuhkan bagi perkembangan manusia. Omega-3  dibutuhkan bagi bayi dan balita untuk tumbuh kembang, sementara bagi manusia dewasa, nutrisi Omega-3 bermanfaat menurunkan risiko kanker dan menjaga kesehatan organ penglihatan.

Kandungan Omega-3 dalam Telur Ayam Bahagia (TAB) lebih tinggi dibandingkan telur-telur ayam lainnya di pasaran. Inilah lima manfaat Omega-3 jika Anda mengonsumsi Telur Ayam Bahagia (TAB) secara rutin:

  1. Mengurangi risiko penyakit mata. Bagi manusia usia lanjut yang rentan terkena serangan panyakit penglihatan seperti katarak dan glaukoma. Maka mengonsumsi Telur Ayam Bahagia (TAB) yang mengandung Omega-3 disarankan dapat dikonsumsi untuk sarapan. Kandungan Omega-3 dalam TAB dapat membantu menurunkan risiko katarak dan glaukoma karena nutrisi Omega-3 adalah nutrisi yang dibutuhkan retina mata. 
  2. Mengurangi risiko kanker bagi manusia dewasa. Jurnal Epidemologi Amerika menyebut bahwa konsumsi Omega-3 pada pasien yang dalam percobaan mampu menurunkan risiko kanker sebesar 55%. 
  3. Membantu mensuplai nutrisi otak. Kandungan Omega-3 seringkali menjadi perbincangan dalam menyiapkan asupan makanan bagi si kecil di rumah. Si kecil yang membutuhkan asupan nutrisi otak disarankan dapat mengonsumsi TAB yang memiliki kandungan Omega-3 lebih tinggi ketimbang telur ayam biasa. Dengan Omega-3 yang lebih banyak dapat mensuplai nutrisi yang lebih banyak bagi anak-anak kita di rumah. 
  4. Mengonsumsi Omega-3 secara rutin dapat menurunkan risiko sendi dan tulang keropos. Dua penyakit yang sering menghantui masa-masa senja manusia. Dengan rutin mengonsumsi TAB yang mengandung Omega-3 tinggi maka dapat memperkuat tulang dan sendi, karena Omega-3 bertugas menutrisi kalsium dalam tulang. 
  5. Asupan Omega-3 menjaga kadar tekanan darah. Dengan asupan TAB yang teratur, maka tekanan darah dapat dijaga dan secara otomatis mengurangi riisko penyakit darah tinggi (hipertensi) dan menjaga kesehatan organ jantung.

Lima manfaat Omega-3 yang terkandung dalam Telur Ayam Bahagia (TAB) dapat Anda dapatkan dengan membeli produk TAB melalui supermarket Plaza Agro UGM maupun lokapasar di Shopee. 

  • All Posts
  • Ayam Free-range
  • Telur Fungsional
  • Uncategorized

Load More

End of Content.