Apresiasi Wakil Bupati Sleman Tentang Telur Ayam Bahagia

Tahun 2022, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun memamerkan produk Telur Ayam Bahagia (TAB) dihadapan wartawan. Produk telur yang diinisiasi ilmuwan-ilmuwan Fakultas Peternakan UGM ini dikembangkan di Telur Ayam Bahagia Sleman dan menjadi proyek percontohan pengurangan stunting di Kabupaten Sleman. 

Telur Ayam Bahagia (TAB) yang dipamerkan wakil bupati mungkin secara kasat mata terlihat sama dengan telur-telur ayam biasa lainnya. Namun, jika dilihat dari dekat dari data riset yang pernah diujikan. TAB memiliki beragam keunggulan dari sisi produksi di hulu hingga konsumsi di hilir. 

Pada sisi hulu di produksi, TAB dibentuk dengan memperhatikan konsep kesejahteraan hewan. Konsep ini sesuai dengan konsep animal welfare yang digaungkan negara-negara maju, dimana ternak-ternak yang akan dikonsumsi atau menghasilkan pangan hewani konsumsi harus bebas dari stress. 

Ayam yang memproduksi TAB memiliki kesejahteraan yang dijamin seperti mendapat kandang umbaran (free-range) berupa indoor dan outdoor sehingga bebas berekspresi dalam bertengger, bebas mandi pasir, bebas berjemur setiap pagi dan bebas dari sekat-sekat kandang yang membuat ayam stress. 

Bahkan ayam TAB ini dapat dikatakan hidup sejahtera ketimbang manusia. Karena mendapat asupan pangan dengan teknologi “twin booster” serta bebas dari antibiotik dan juga bahan kimiawi. Artinya bahan pangan yang dikonsumsi ayam TAB terjamin dan bebas dari zat-zat campuran. Tidak heran jika hasil telur ayam bahagia memiliki banyak kelebihan dibandingkan telur ayam biasa lainnya di pasaran. 

Hasil TAB yang diproduksi ayam TAB memiliki konsep fungsional telur diatas telur biasanya. Yaitu memiliki nilai gizi yang tinggi, serta mengandung kolesterol dan lemak yang rendah. Ini menjadi alasan mengapa TAB dijadikan ujung tombak dalam mengurangi stunting di Kabupaten Sleman. 

Pemkab Sleman bersama dengan Fakultas Peternakan UGM menggelar program penghapusan stunting melalui Telur Ayam Bahagia (TAB) yang diberikan secara rutin kepada balita-balita yang memiliki potensi stunting (kekurangan gizi). 

  • All Posts
  • Ayam Free-range