Apa itu Teknologi Pakan Twin Booster dalam Telur Ayam Bahagia?

Apa itu Teknologi Pakan Twin Booster dalam Telur Ayam Bahagia?

“Telur yang baik berasal dari ayam yang bahagia” konsep filosofis yang memiliki makna mendalam ini dicetuskan penemu Telur Ayam Bahagia yaitu Profesor Ali Agus. Guru Besar Ilmu Peternakan dan Ahli Pakan Ternak UGM

Prof Ali, sapaan akrabnya menyampaikan bahwa filosofi ini berlandaskan pada dua konsep utama yakni konsep fungsional telur dengan konsep kesejahteraan hewan. Untuk menciptakan telur yang berkualitas, sehat dan kaya nutrisi harus dibentuk melalui kesejahteraan dan kebahagiaan ayam itu sendiri. 

Konsep kesejahteraan hewan ini kemudian dilembagakan dalam bentuk ranah teknis seperti pembuatan sistem kandang umbaran (free range) yang mengakomodasi sifat-sifat naluriah ayam agar bebas berekspresi seperti bebas bergerak, mendapat akses mandi matahari dan mandi pasir, bertengger di dahan-dahan serta mendapat asupan pakan fungsional nabati berkualitas tanpa obat kimia dan antibiotik. 

Konsep asupan pakan ini yang menjadi kunci kontribusi besar telur ayam bahagia menjadi kaya akan nutrisi dan vitamin. Prof Ali menciptakan teknologi pakan twin booster. Teknologi pakan fungsional nabati bebas dari paparan antibiotika dan bahan kimiawi. 

Pakan fungsional nabati twin booster ini tentu saja berbeda dengan pakan-pakan ransum sejenis bagi ayam-ayam petelur pasaran yang biasanya dibuat dari campuran tulang dan suplemen kimiawi. 

Perbedaan kontras inilah yang menjadi faktor mengapa telur ayam bahagia ramah dengan penderita alergi, karena ayam-ayam telur ayam bahagia mengkonsumsi pakan nabati twin booster dan bukan ransum campuran tulang dan daging. 

Secara teknis dapat dijelaskan pakan fungsional nabati untuk ayam produsen telur ayam bahagia terdiri dari komposisi bungkil kedelai, DDGS, Jagung, Gluten, Jagung, Katul, Bungkil Sawit, Bungkil Kopra, Pollard, Garam, Minyak Kedelai, Jahe, Kunyit, Temulawak, Jambe, Bawang Putih, Meniran, Asam-asam amino, vitamin, mineral dan kandungan twin booster. 

Pakan fungsional nabati ini nantinya akan diberikan kepada ayam-ayam yang memproduksi telur ayam bahagia secara bergantian dengan asupan fodder jagung sebagai tanaman nabati lainnya untuk menambah nutrisi ayam yang menghasilkan telur ayam bahagia. 

Proses produksi dan pemeliharaan ayam-ayam sehat bahagia, bebas stress dan asupan makanan sehat inilah yang menjadi faktor utama Telur Ayam Bahagia meraih sertifikat Humane Farm Animal Care (HFAC) pertama kali di Indonesia. 

Jadi, tidak mengherankan jika kemudian ayam-ayam ini kemudian memproduksi telur ayam bahagia yang memiliki kandungan nutrisi 95% lebih besar dibandingkan pangan protein sejenis, kaya akan nutrisi omega 3, omega 6, zat besi, zat selenium, zat zinc hingga kandungan vitamin D. 

Telur ayam bahagia kaya akan nutrisi dan vitamin ini juga bermanfaat untuk ibu hamil, tumbuh kembang anak serta memberantas penyakit stunting di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul.