Apa Beda Telur Ayam Bahagia dengan Telur Lainnya?

Apa jadinya jika bahan-bahan makanan hewani yang kita santap setiap hari di meja makan berasal dari komposisi penuh obat-obatan dan bahan kimiawi? Mungkin bagi sebagian orang belum menjadi perhatian, tetapi di negara-negara maju, isu mengenai pangan sehat telah menjadi bahasan utama.

Negara-negara maju menyoroti bahwa pangan sehat di meja makan bukan sekedar terlihat bagus dalam bentuknya. Namun juga prosesnya harus memperhatikan standar kesejahteraan hewan dan juga manfaat yang didapat bagi manusia. 

Salah satu bahan pangan yang menjadi sorotan adalah telur. Produk protein hewani ini menjadi salah satu produk yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Produknya mudah didapat dari pasar tradisional sampai supermarket kelas premium, bahkan di tukang-tukang sayur langganan keliling kompleks juga mudah didapatkan. 

Namun, sayangnya telur-telur produksi di pasaran ini sebagian besar tidak bisa dikatakan sebagai produk pangan yang aman. Produk telur hasil penetasan ayam-ayam peternakan dan pabrik ini lebih banyak mendapat asupan pakan obat-obatan kimiawi, bahkan kandang hewan berhimpitan satu sama lain. Bahkan beberapa diantaranya sengaja tidak mendapat cahaya yang cukup demi mempercepat pertumbuhan hewan. 

Oleh karena itu, Telur Ayam Bahagia (TAB) produksi dari Farmhouse Kalijeruk hadir di pasaran Indonesia untuk memberikan asupan pangan sehat. TAB produksi Farmhouse Kalijeruk dilahirkan dari ayam-ayam yang diberikan asupan pakan alami dengan teknologi “twin booster”, mereka mendapat kandang umbaran (free-range) berbentuk indoor dan outdoor agar terpenuhi hak-hak ayam untuk mandi pasir, berjemur dan bertengger. 

Karena peduli akan kesejahteraan hewan, tentu saja telur-telur ayam bahagia ini memiliki perbedaan yang besar dengan telur ayam pabrikan biasa. Apa saja perbedaan signifikan yang dapat menjadi perhatian untuk konsumen, berikut datanya:

  1. Kandungan gizi yang jauh lebih banyak diatas 12%. Misalnya saja dalam riset terhadap Telur Ayam Bahagia (TAB)  memiliki protein albumin yang lebih tinggi 12% ketimbang ayam biasa. Protein albumin apa sih gunanya? Itu loh protein yang bertugas mempercepat penyembuhan luka, daripada membeli suplemen-suplemen albumin lebih bagus mengkonsumsi Telur Ayam Bahagia (TAB). 
  2. Kandungan kolesterol yang lebih rendah. Bagi orang dewasa terlalu banyak konsumsi kolesterol tentu saja tidak baik. Maka, Telur Ayam Bahagia (TAB) memiliki kandungan kolesterol yang jauh lebih rendah dibandingkan telur pada umumnya, angkanya mencapai 35%. Lebih sehat bukan?
  3. Selain kolesterol, Telur Ayam Bahagia (TAB) memiliki kandungan lemak 30% lebih rendah dibandingkan telur ayam biasa pada umumnya. Ini kabar baik bagi orang dewasa yang sedang berusaha diet dengan sarapan telur setiap pagi. 
  4. Kaya akan zat gizi berupa omega 3 dan 9 serta kandungan zat besi yang tinggi.
  5. Bebas dari antibiotika dan bahan kimiawi. Anak-anak kecil dari balita hingga usia sekolah lebih baik mengkonsumsi telur bebas antibiotik seperti Telur Ayam Bahagia (TAB). 
  6. Mendapat sertifikasi internasional (HFAC) mengenai kesejahteraan hewan (animal welfare) pertama kalinya di Indonesia.
  7. Telur Ayam Bahagia (TAB) sudah terbukti memiliki dampak pada kesehatan manusia, terutama pada ibu hamil dan balita. TAB berhasil mengurangi stunting dalam riset penanganan stunting di Kabupaten Sleman, Provinsi D.I. Yogyakarta.

  • All Posts
  • Ayam Free-range
  • Uncategorized